Sabtu, 10 November 2012

menentukan jenis kelamin burung kenari



menentukan jenis kelamin burung kenari

Ada banyak cara dalam menentukan jenis kelamin burung kenari. Apabila kita sudah terbiasa menangkarkan burung kenari dan sudah banyak telur-telur yang siap menetas maka semakin dini anda dapat menganalisa jenis kelamin kenari muda (piyek) maka akan lebih baik.

Namun, menentukan jenis kelamin burung kenari (sexing) harus dianggap sebagai suatu proses yang serius, untuk menghasilkan analisa yang akurat sebaiknya diperlukan lebih dari satu potong bukti dengan mempertimbangkan isyarat visual dan perilaku burung. Saya akan memberikan beberapa tips dalam menentukan jenis kelamin burung kenari berdasarkan pengalaman pribadi maupun mengambil pengalaman dari para peternak lain:

1. Sejak usia 3 - 7 hari pembuluh vena di sebelah perut akan turun menuju “ vent ( lubang angin / dubur ) dan akan menuju bagian depan dari “ vent “ yang ada dibagian depan “vent ,ini nampak pada burung kenari jantan yang masih muda. Tapi pembuluh vena ini tidak akan tampak pada kenari betina. Walaupun pembuluh ini ada di seluruh kenari jantan , akan lebih baik jika menganalisanya sebelum kenari jantan tersebut tumbuh bulu. Cara indentifikasi ini yang paling sering dilakukan para peternak dan tingkat keakuratannya 99%.


Untuk kenari jantan akan tampak pembulu vena di sebelah perut menuju vent/dubur


2. Pada 5- 8 hari ,ambil semua anak-anak kenari yang terdapat pada sarang yang sama (satu indukan ) taruh diatas handuk dan sejajarkan seperti posisi kuda balap yang ada pada pacuan kuda. Burung yang melompat dan berlari ke depan adalah kenari jantan.

3. Burung-burung tersebut jika diperhatikan mempunyai pusat kaki bawah yang panjang sementara yang lainnya punya 3 telapak kaki yang memiliki panjang yang sama. Salah satu yang memiliki pusat kaki yang panjang akan sulit untuk bergabung dengan yang lain dan ini adalah kenari jantan. Kenari betina lebih mudah untuk bergabung karena ketiga telapak kakinya memiliki ukuran yang sama.

4. Liatlah bagian tulang belakang mereka. Disepanjang tulang belakang kenari jantan warnanya lebih kaku dan lebih pekat . Untuk yang betina warnanya kaku dan pekatnya tidak sampai sepanjang tulang belakang. Dengan cara itu bisa di identifikasi .

5. Sebelum anaka-anak kenari tersebut berbulu. Liatlah ke bagian kepala mereka. Untuk yang jantan lebih pipih ( datar ).Untuk yang betina lebih bulat. Identifikasi ini yang sering penulis lakukan dan tingkat keakuratannya 90%.

6. Sekitar usia 6 – 7 hari anak-anak kenari tersebut mulai membuka mata. Jika jantan maka matanya sejajar dengan paruhnya. Untuk yang betina, letak mata diatas paruh yang menyebabkan tampilan kepalanya lebih bundar.

7. Ketika anak-anak kenari diberi makan disarangnya oleh induknya .perhatikan tingkah laku anak2 tersebut. Yang berdiri paling tinggi , teriak paling keras dan yang paling ingin diberi makan duluan itu berarti yang jantan. Yang betina kakinya lebih pendek makanya mereka tidak berdiri tinggi dan karenanya mereka diberi makan lebih sedikit dibanding yang jantan.

8. Usia 28- 30 hari beberapa kenari2 muda terlihat mempraktekkan suara mereka untuk berkicau dengan baik. Bukan yang paling awal berkicau itu yang terlihat paling baik ,burung 2 tersebut hanya suka berlatih berkicau lebih awal saja.

9. Sekitar 5 bulan atau 5 bulan lebih 2 minggu, kenari jantan bisanya warnanya lebih terang. pada bagian tertentu warnanya lebih tajam khususnya dibagian dekat kepala. Pusat kepala pada burung kenari betina yang berwarna kuning akan menjadi sangat terang.

10. James Anagnos juga menemukan cara yang sangat tidak biasa tentang sexing burung kenari muda yang masih di sarangnya: "Sexing kenari sangat mudah dilakukan ketika burung-burung muda masih di sarang, ketika bulu burng masih terlihat seperti sedotan. Hanya tekan sarang dengan jari Anda dan burung-burung betina hanya akan tinggal di sana melihat Anda, sementara burung laki-laki semua akan meletakkan kepalanya ke bawah dan menempel pada pantat mereka. Ini adalah 100% sangat mudah, setiap burung yang meletakkan kepala ke bawah adalah. laki-laki."

11. Seandainya usia 6 bulan belum ketahuan jenis kalaminnya, kenari-kenari yang dicampur diantara kenari-kenari yang lain maka kenari betina akan duduk lebih rendah dikarenakan struktur badannya. Dan juga biasanya kenari betina akan berkelahi dengan kenari jantan ketika ingin berkicau atau mempraktekan suaranya. Meskipun sang betina dalam kondisi tidak sedang dalam masa bertelur dan ini hanya sekedar ingin berkicau saja.

Kenari Jantan:
1. Mempunyai dubur yang runcing/lancip (mutlak). Ini yang sering disebut sebagai "pen"
2. Kicaunya/ngocehnya bervolume lebih lantang/keras dan lebih panjang daripada kenari betina
3. Jika masih berumur muda (1-4 bln) kenari jantan akan lebih sering ngriwik daripada
kenari betina.
Kenari Betina:
1. Mempunyai dubur yang realatif tumpul (mutlak). Jika dalam masa birahi/siap kawin maka bagian perut betina akan terlihat lebih mengembang daripada perut kenari jantan
2. Betina pun kadang bisa ngoceh, namun yang paling membedakan adalah biasanya kenari betina memiliki volume ralatif jauh lebih pelan daripada kenari jantan dan durasi yang pendek.
3. Kerap kali saat berumur muda kenari betina jarang ngriwik.

Apabila ada tambahan pengalaman tentang sexing dari teman-teman pecinta burung kenari, silahkan berbagi disini guna menambah keakuratan dalam penentuan jenis kelamin burung kenari.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar